Minggu, 17 Desember 2017

Metode Pembelajaran Flipped Classroom

TUTORIAL POWER POINT SHOW


Pilih menu insert, klik audio bagian record audio


Klik tombol merah kemudian rekam suara melalui headset.



Pilih menu playback, ganti start on click dengan automatically
Pilih file save as




Click power point show, kemudian save









Link materi uang di video
https://www.youtube.com/watch?v=Vc7R2jCW-Rw

Link materi di document
https://ardiyansarutobi.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-uang-sejarah-fungsi-jenis.html

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                :      SMA Negeri 1 Kebumen
Mata Pelajaran     :      Ekonomi
Kelas / Semester  :      X (sepuluh) / 1
Pertemuan ke       :      4
Alokasi Waktu    :      2 x 45 menit
Tahun Pelajaran   :      2017/2018

A.    Kompetensi Inti :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menetapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap keatif, kerjasama, mandiri, dan tanggung jawab dalam memahami materi alat pembayaran (uang)

3.3 Menganalisis permasaahan tentang uang, faktor penyebab dan upaya untuk
      mengatasi masalah uang.

C.    Indikator      
1.   Menjelaskan definisi uang
2.   Menjelaskan mengenai perkembangan uang
3.   Menyebutkan fungsi uang

D.    Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat memahami apa yang dimaksud dengan uang
2.   Siswa dapat mengetahui sejarah perkembangan uang
3.   Siswa dapat mengetahui fungsi uang

E.     Materi Ajar
1.   Pengertian uang
2.   Sejarah perkembangan uang
3.   Fungsi uang

F.     Pendekatan, Model,  dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                  : Student Center Learning
Model Pembelajaran    : Discovery Learning
Metode pembelajaran  : Flipped Classroom   

G.    Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
Media/Alat Pembelajaran    : Laptop dan koneksi internet
Bahan Pembelajaran            : Buku Ekonomi Kelas X

H.    Sumber belajar
-  Sumber Online    : Artikel, Berita, Jurnal, Website, dan lain-lain
-  Sumber Offline   : Buku Ekonomi Kelas XI



I.       Langkah-Langkah Pembelajaran
             
KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
1.      PENDAHULUAN
· Guru menyapa peserta didik dan memberikan salam
· Guru memulai pembelajaran dengan doa
· Guru menanyakan kabar peserta didik
· Guru memperkenalkan diri
· Guru melakukan presensi dan menanyakan siswa yang
 tidak masuk
· Guru menyampaikan tema, tujuan, dan aturan pembelajaran
· Guru menyampaikan sumber belajar yang akan digunakan

10 menit
2.      KEGIATAN INTI
· Guru menyampaikan statement awal mengenai materi yang akan dipelajari
· Siswa dibagi menjadi 4 kelompok menggunakan undian
· Guru membagikan kasus mengenai masalah uang kepada tiap-tiap kelompok
· Setiap kelompok diberi waktu untuk berdiskusi mengenai kasus tersebut
· Guru mempersilahkan setiap kelompok untuk memaparkan hasil diskusinya mengenai kasus yang diberikan
· Kelompok lain menanggapi pernyataan kelompok yang telah memaparkan hasil diskusinya
· Guru memberiakan penjelasan dan klarifikasi mengenai materi yang disampaikan agar siswa tidak salah dalam memahami materi yang telah diberikan sebelumnya


70 menit
3.      PENUTUP
· Guru memberikan kesimpulan terkait pembelajaran yang telah dilaksanakan
· Guru memberikan evaluasi berupa soal (kuis online) kepada siswa
· Siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh guru
· Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam
10 menit

J.      Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
a.    Teknik Penilaian
·      Sikap                   : Observasi dan jurnal
·      Pengetahuan        : Test Online
·      Keterampilan        : diskusi dan presentasi
b.    Bentuk Instrumen
·      Pengetahuan        : Test Pilihan Ganda (Lampiran 1)
·      Keterampilan       : Rubik unjuk kerja (Lampiran 2)
·      Sikap pada mata pelajaran ini sebagai dampak setelah mempelajari materi  uang diamati melalui observasii terhadap sikap ekstrim positif dan ekstrim negatif.
c.          Pembelajaran remediasi dan pengayaan
·      Pembelajaran remidiasi dilakukan segera setelah kegiatan penilaian
·      Pembelajaran remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remidiasi disepakati dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah)
·      Pengayaaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian tugas ke UKB berikutnya.
Mengetahui                                                                             Yogyakarta, 18 Desember 2017
Kepala SMA Negeri 1 Kebumen                                            Guru Mata Pelajaran




Rudy Prakanto, S.Pd, M.Eng                                              Ulfatul A./Iftah ‘Adzima ‘I.
NIP. 19680323 199503 1 003                                                NIM.16804241032/16804244018














Lampiran 1
Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban dibawah ini  yang paling tepat
1.    Berikut adalah kesulitan dari uang barang, kecuali.....
a.    Sukar untuk disimpan
b.    Sukar untuk dibawa kemana-mana
c.    Tahan lama
d.   Nilainya tidak tetap
e.    Tidak dapat dibagi menjadi bagian kecil
2.    Maksud dari kriteria uang Stability of Value adalah.....
a.    Diterima dan diketahui secara umum
b.    Cukup memenuhi kebutuhan usaha (tidak terlalu banyak/kurang)
c.    Nilainya stabil/fluktuasi secara kecil
d.   Mudah dibawa
e.    Tidak mudah rusak

          (i)   Sebagai alat tukar menukar
        (ii)   Sebagai penunjuk harga
      (iii)   Sebagai alat pembayaran
      (iv)   Sebagai satuan hitung
3.    Di bawah ini yang termasuk fungsi turunan uang adalah......
a.    i , ii , iv
b.    ii , iv
c.    ii , iii
d.   ii , iii , iv
e.    i , ii , iii
4.    Yang termasuk jenis uang berdasarkan nilai adalah......
a.    Uang kartal dan uang giral
b.    Full bodied money dan representative full bodied money
c.    Uang logam dan uang kertas
d.   Uang domestik dan uang internasional
e.    Inside money dan outside money
5.    Permintaan seseorang yang mempunyai rekening di bank supaya bank membayar dengan cara memindahkan sebagian / seluruh rekeningnya kepada rekening pihak yang dibayar disebut.......
a.    cek
b.    bilyet
c.    perintah membayar
d.   telegraphic transfer
e.    giro
6.    Kebutuhan masyarakat akan uang untuk mengantisipasi kejadian yang tidak bisa diramalkan sebelumnya adalah motif uang...
a.    Spekulasi
b.    Transaksi
c.    Berjaga-jaga
d.   Menghemat
e.    Berbelanja
7.    Nilai yang diukur dari jumlah barang yang dapat ditukar oleh suatu mata uang termasuk nilai uang...
a.    Nominal
b.    Eksternal
c.    Internal
d.   Instrinsik
e.    Ekstrinsik
8.    Mata uang negara Jepang adalah....
a.    Yen
b.    Euro
c.    Dollar
d.   Won
e.    Rial
9.    Uang koin diciptakan oleh...
a.    Croesus di Yunani
b.    Adam Smith di Yunani
c.    Aristoteles di Belanda
d.   Croesus di Belanda
e.    Adam Smith di Belanda
10.    Mata uang URIBA berasal dari....
a.    Pulau Jawa
b.    Sumatera Utara
c.    Tapanuli
d.   Sumatera
e.    Aceh
Lampiran 2
Rubrik Penilaian Keterampilan
Aspek yang dinilai
Rubrik Penilaian
Skor
Skor Maksimal
Keterampilan dalam menggambarkan keterkaitan materi pengangguran
Sesuai
15
30
Kurang sesuai
10
Tidak sesuai
5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar